Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Budidaya Burung Murai

Di Binatang 481 views

Olpinhoopes – Membuat sebuah peternakan unggas merupakan hal yang lumrah di masyarakat. Mayoritas masyaraka yang beternak memilih unggas sebagai hewan utama yang diternakkan. Ada berbagai jenis unggas yang dijadikan hewan ternak seperti ayam dan bebek.

Beberapa orang juga memulai bisnis ternak ini karena kegemarannya dalam memelihara hewan. Jenis unggas yang biasanya dipelihara adalah burung. Namun tidak semua penggemar burung menggeluti kegemarannya menjadi ladang uang. Mayoritas masyarakat yang memelihara burung hanya menjadikan unggas ini sebagai hewan peliharaan, bukan.hewan ternak.

Namun siapa sangka ada beberapa jenis burung yang bisa dijadikan heean ternak salah satunya adalah burung murai. Budidaya burung murai ini banyak dilakukan masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan burung yang berkualitas tinggi sehingga bisa dijual dengan harga yang tinggi.

Karena hal ini, banyak orang yang tertarik untuk membuat peternakan burung murai. Untuk memulai usaha ini, ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian khusus. Berikut ulasannya.

Ukuran Kandang yang Tepat

Dalam dunia peternakan, kandang menjadi salah satu hal yang memberikan pengaruh cukup besar. Dalam jenis ternak apapun kandang yang disediakan harus memenuhi kriteria-kriteria khusus seperti luas dan lokasi, begitu juga dengan ternak burung murai. Kandang yang digunakan untuk membuat peternakan burung murai harus diletakkan di lokasi yang cukup tenang agar proses budidaya burung murai berjalan lancar.

Selain itu kandang juga harus memiliki luas yang cukup agar burung yang bersarang di dalamnya bisa berkembang dengan baik. Untuk ukutran kandang yang kecil, Anda bisa membuat kandang dengan ukuran panjang, lebag, dan tinggi 60cm. Kandang yang terlalu besar juga akan membuat burung menghabiskan banyak tenaga untuk terbang sehingga tidak memiliki tenaga untuk bereproduksi.

Pemberian Pakan yang Bergizi

Hal lainnya yang wajib Anda perhatikan adalah pakan. Untuk ternak burung murai, Anda harus menggunakan pakan yang tepat agar aktivitas dan produktivitas terjaga. Anda bisa memberikan pakan yang segar seperti pakan alami maupun pakan buatan kepada burung murai. Selain itu selama proses budidaya burung murai juga diperlukan pakan ekstra seperti kroto, jangkrik, cacing, maupun belalang agar kebutuhan pakan terpenuhi.

Anda juga tidak boleh melupakan kebutuhan air minum sang burung. Pemberian air minum matang lebih disarankan agar kesehatan burung terjaga. Untuk menghemat biaya, Anda juga bisa menggunakan voer khusus butung kicau sebagai salah satu pilihan pakan burung murai Anda.

Proses Kembang Biak

Proses inti dari sebuah peternakan tentu terletak dalam proses perkembangbiakkan. Karena harga induk burung murai yang cukup mahal, perkembangbiakan burung murai biasanya dilakukan secara poligami agar pemilih tidak harus menyediakan banyak induk jantan. Poligami bisa dilakukan dengan perbandingan 1:7.

Proses budidaya burung murai dimulai saat beberapa induk betina disatukan dalam sebuah kandang selama 2 minggu. Setelah itu masukkan induk jantan besera kandangnya ke dalam kandang induk betina dan tunggu induk betina menunjukkan ciri-ciri siap melakukan proses reproduksi. Induk betina akan mendekati kandang induk jantan dan mulai bersiul.

Setelah ada ciri-ciri ini, Anda bisa melepas induk jantan untuk melakukan reproduksi bersama induk betina. Setelah proses kembang biak selesai, Anda hanya perlu telaten mengurus anak burung murai hingga bisa dijual pada usia 1 sampai 1,5 bulan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama proses budidaya burung murai. Dengan mengetahui informasi-informasi dasar, Anda bisa menjalankan peternakan dengan baik dan tepat. Meski peternakan unggas membutuhkan modal yang cukup tinggi, namun hal ini akan terbayar oleh keuntungan melimpah yang akan Anda dapatkan.

author
Penulis: 
Tahapan Melakukan Bisnis Ikan Laut Dijamin Untung Melimpah
Tahapan Melakukan Bisnis Ikan Laut Dijamin Untung Melimpah
Tahapan Melakukan Bisnis Ikan Laut Dijamin Untung

Komentar ditutup.

Baca Juga×

Top