Pompa Kolam Renang

Di Service 403 views

Pompa Kolam Renang – Banyak yang tidak mengetahui ternyata kolam renang membutuhkan pompa agar air di dalamnya dapat melakukan sirkulasi dengan baik. Saat ini banyak jenis pompa yang di jual oleh jasa kontraktor kolam renang di pasaran, dan masing-masing memiliki kelebihan dan spesifikasinya sendiri-sendiri. Inilah yang kemudian banyak membuat orang kebingungan menentukan mana pompa kolam yang tepat untuk digunakan.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih pompa untuk kolam renang, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Periksa Kolam

Sebelum memasang mesin pompa, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu deskripsi kolam renang yang Anda miliki. Perhatikan berapa besaran volume kolam, jenis flow rate, dan besar serta luas kolam yang Anda miliki.

Mesin pompa untuk kolam renang nantinya akan menyesuaikan dengan jenis kolam yang Anda buat. Ketika hendak memilih mesin, pastikan bahwa Anda pompa mesin kolam renang sesuai dengan jumlah volume air yang tersedia.

Jika ukuran daya pompa terlalu kecil di bandingkan dengan volume air, besar kemungkinan sirkulasi air tidak bisa berjalan dengan lancar. Begitu pula jika daya pompa terlalu besar, namun volume dan ukuran kolam renang kecil, maka besara listrik yang di habiskan akan jauh lebih besar.

b. Sesuaikan dengan Flow Rate

Kemampuan pompa dalam mengalirkan air sering disebut sebagai flow rate, tanpa flow rate yang seimbang, aliran dan sirkulasi udara tidak akan merata. Ini akan menyebabkan bagian kolam renang yang jauh dari pompa, air kolam akan tergenang.

Biasanya terdapat rata-rata besaran flow rate pada sebuah mesin pompa, contohnya pompa air kolam renang yang memiliki besaran sekitar 20 meter kubik per jamnya. Maka kolam yang ideal untuk mesin tersebut adalah kolam yang berukuran sedang.

Penyesuaian aliran ini akan mempengaruhi gelombang pada kolam renang, karena beberapa mesin memiliki fitur khusus yang bisa membuat gelombang kecil untuk membuat sensasi kolam renang yang lebih menyenangkan untuk di gunakan bermain.

c. Jarak Kolam dengan Mesin Pompa

Memperhitungkan masing-masing jarak antara kolam renang dengan mesin pompa juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih pompa yang tepat. Misalnya, jika pompa yang digunakan memiliki daya hisap yang rendah sedangkan kolam berukuran besar, maka sirkulsi air membutuhkan waktu untuk cepat selesai.

Hal yang sama terjadi ketika pompa kolam memiliki daya ynag besar namun kolam renang memiliki ukuran yang lebih kecil. Ini bisa mengakibatkan komponen mudah rusak, terutama bagian penyaring dan filter.

Jika kolam renag yang Anda miliki terlalu besar, Anda bisa menggunakan dua sampai tiga mesin pompa sekaligus, sehingga proses sirkulasi berjalan dengan lebih lancar. Namun, perhitungkan besaran daya listrik yang di gunakan sebelum mengaktifkan semua mesinnya.

d. Sesuaikan dengan Budget

Banyak varian pompa untuk kolam renang yang bisa Anda pilih, dan bisa Anda sesuaikan dengan harga ataupun budget yang Anda miliki. Beberapa brand menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk pembelian unit tertentu, namun pastikan ia memang memiliki kualitas yang layak.

Brand pompa kolam renang lain memiliki harga yang cukup mahal namun dengan performa yang baik. Pilih sesuai dengan budget yang Anda punya dan ingat untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan tergoda dengan harga yang murah sebelum Anda benar-benar melihat kualitas yang di tawarkan.

Selain budget, Anda juga harus mempertimbangkan besaran biaya daya listrik ketika hendak menggunakn pompa tersebut. Pilih yang hemat energi dan tidak menghabiskan banyak daya ketika digunakan.

Selain keempat cara yang telah disebutka sebelumnya, Anda juga bisa memilih pompa untuk kolam renang sesuai dengan jenis dan spesifikasinya. Misalnya jika ingin kolam memiliki gelombang, pilih mesin dengan flow rate yang tinggi. Begitu pula ketika hendak ingin kolam renang tidak terlalu berombak, gunakan mesin denga daya yang lebih kecil.

Demikanlah tips mudah untuk menentukan pompa kolam renang yang sesuai dengan keadaan kolam yang Anda miliki. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pompa tesebut di toko khusus untuk kolam renang atau membelinya secara daring di situs-situs yang legal. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda untuk memilih pompa khusus agar kolam renang sesuai dengan keinginan Anda.

author
Penulis: 
Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture
Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture
Olpinhoopes – Furniture dibuat dari berbagai material.

Komentar ditutup.

Baca Juga×

Top