Review Samsung Galaxy S21 Ultra Singkat

Di Teknologi 353 views

Olpinhoopes – Samsung Galaxy S21 Ultra merupakan tonggak baru untuk seri Galaxy S. Ponsel ini memiliki gaya desain baru dan merupakan Galaxy S pertama yang mendukung S Pen. Galaxy S21 Ultra merupakan penyempurnaan dari Galaxy S20 Ultra yang dirilis tahun sebelumnya. Meski Galaxy S20 Ultra di atas kertas merupakan ponsel canggih, namun memiliki kekurangan di sektor kamera dan desain yang kurang menarik. Samsung telah memperbaikinya melalui Galaxy S21 Ultra. Ponsel ini tampil mewah dengan warna hitam matte yang cantik. Tonjolan kamera kini menyatu dengan bingkai ponsel, sehingga terlihat lebih mulus.

Ada dua keunggulan kamera Galaxy S21 Ultra yang mengatasi masalah sensor kamera 108 MP pada ponsel Galaxy sebelumnya, yaitu autofokus laser dan penguat fokus. Dengan autofokus laser, kamera Galaxy S21 Ultra bisa fokus lebih cepat. Fitur ini penting karena kamera 108MP yang digunakan tidak mendukung autofokus piksel ganda seperti yang ditemukan pada kamera Galaxy S generasi sebelumnya. Dengan mode Focus Enhancer, kamera Galaxy S21 Ultra dapat mengambil banyak foto close-up. Pada Galaxy S20 Ultra dan Galaxy Note 20 Ultra yang menggunakan kamera utama serupa, hasil foto di bagian berbeda akan buram jika objek foto agak dekat.

Galaxy S21 Ultra menggunakan chipset terbaru Samsung, Exynos 2100. Jika sebelumnya banyak orang yang mengeluhkan chipset Exynos tidak sekuat dan hemat daya seperti kompetitor Snapdragon-nya, tampaknya Samsung kini berhasil menutup celah untuk memperkecil. Untuk mendukung produktivitas harian, Galaxy S21 Ultra mendukung penggunaan S Pen. Namun dukungan S Pen tidak secanggih seri Galaxy Note terbaru, dan tidak ada slot khusus untuk menyimpan S Pen di dalam ponsel.

Sayangnya, di balik berbagai penyempurnaan yang ditawarkan, Samsung kini mengikuti langkah Apple dengan melepas komponen headphone dan earphone dari boks penjualannya. Galaxy S21 Ultra juga dijual dengan harga lebih mahal dari generasi sebelumnya. Untung berdasarkan pantauan terakhir saya di toko resmi Samsung di channel penjualan online, harganya kini lebih murah Rp 3 jutaan. Ini menjadikan Galaxy S21 Ultra sebagai ponsel yang layak untuk dilihat. Karena Galaxy S21 Ultra canggih, tim Gadgetren memenangkan gelar Pilihan Editor untuk ponsel ini. Galaxy S21 Ultra menawarkan gaya desain baru dengan tonjolan kamera belakang yang kini terintegrasi dalam bingkai aluminium di bagian samping ponsel. Ini membuat area kamera lebih sesuai dengan desain ponsel secara keseluruhan.

Samsung juga telah kembali ke Galaxy S21 Ultra dengan gaya desain annular dekorasi lensa kamera pada Galaxy Note 20 Ultra. Kameranya terlihat menarik, bukan sekadar lubang kamera seperti yang ada di Galaxy S20 Ultra. Tapi entah kenapa, area ring lensa kamera belakang rentan terhadap rambut halus. Saya yang sudah beberapa kali memelihara kucing di rumah, melihat ada bulu kucing yang tersangkut di bagian itu. Untungnya, mudah dibersihkan.

Dimensi Galaxy S21 Ultra mungkin besar dan tebal. Sudut-sudut ponsel melengkung sehingga saya bisa menjaga kenyamanan Galaxy S21 Ultra. Bobot 227 gram membuat tangan saya lebih cepat sakit saat saya menggunakan Galaxy S2 Ultra dalam waktu yang lama. Untungnya bobotnya terbilang cukup merata ke seluruh ponsel sehingga sedikit mengurangi masalah.

Di bagian sisi ponsel, selain tidak terdapat headphone jack seperti kebanyakan ponsel masa kini, juga tidak terdapat slot kartu MicroSD. Hal ini membuat pengguna Galaxy S21 Ultra tidak dapat meningkatkan kapasitas internal ponselnya. Kapasitas internal terkecil Galaxy S21 Ultra yang 128 GB sebenarnya sudah cukup. Namun, jika Anda rutin menggunakannya untuk foto, merekam video, atau menyimpan banyak film, lebih baik menggunakan penyimpanan internal 256 GB atau lebih tinggi.

Galaxy S21 Ultra tampil menawan dengan desain kamera yang menyatu dengan rangka ponsel. Baterainya tahan lama dengan performa yang cepat. Dengan dukungan S Pen, ponsel ini mampu menghadirkan produktivitas yang lebih baik dan konektivitas 5G membuatnya layak digunakan untuk beberapa tahun ke depan. Kamera Galaxy S21 Ultra menawarkan berbagai penyempurnaan, namun sayangnya kurang bagus digunakan dalam situasi minim cahaya. Galaxy S21 Ultra juga tidak menawarkan slot MicroSD dan kepala pengisi daya built-in. Harga untuk varian paling murah terbilang cukup mahal yakni Rp 18.999.000 dan Rp 21.999.000 untuk varian tertinggi. Di toko online harganya kini jauh lebih murah dan mencapai 15 jutaan untuk varian terendahnya.

Referensi: Teknoride.com

author
Penulis: 
Aplikasi VPN Terbaik Di Android
Aplikasi VPN Terbaik Di Android
Olpinhoopes – Virtual private network atau yang
Kekurangan dan Kekurangan OPPO A74 5G
Kekurangan dan Kekurangan OPPO A74 5G
Olpinhoopes – Apakah Anda tahu OPPO A74
Aplikasi Download Lagu Terbaik 2021
Aplikasi Download Lagu Terbaik 2021
Olpinhoopes – Mendengarkan musik sudah menjadi hobi yang
Pengalaman Menggunakan iPhone 16 GB
Pengalaman Menggunakan iPhone 16 GB
Olpinhoopes – Sejak kehadirannya sekitar tahun 2007, iPhone

Komentar ditutup.

Baca Juga×

Top