Tahapan Awal Membangun Bisnis Online

Di Bisnis 640 views

Olpinhoopes – Pada hari ini kita akan membahas bagaimana tahapan awal membuat bisnis online bagi pemula secara lengkap. Dari mulai menemukan ide dan melakukan riset terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menentukan Ide

Bagaimana menemukan produk yang dibutuhkan pasar? Langkah pertama yang perlu Anda ambil untuk belajar bisnis online adalah menemukan masalah! Ya, benar sekali, Anda perlu menemukan dan mengidentifikasi jenis masalah yang dihadapi pasar.

Tidak perlu khawatir tentang operasi yang tepat. Konsumen menghadapi ratusan, jika tidak ribuan, masalah. Anda harus melakukan pengamatan di lapangan untuk menemukan masalah yang benar-benar dihadapi banyak orang.

Untuk menemukan masalah yang tepat, Anda harus terbuka terhadap segala kemungkinan. Jangan terobsesi dengan asumsi Anda sendiri. Anda perlu pengamatan di Internet, media sosial, forum ulasan, pasar, dan grup Facebook.

Selain itu, Anda juga harus berbicara langsung dengan sampel pasar. Anda dapat melakukan wawancara sederhana untuk mendapatkan informasi langsung dari orang yang menghadapi masalah.

Pada tahap mempelajari bisnis online untuk pemula sebelumnya, Anda telah meneliti dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi pasar. Anda dapat menemukan lusinan atau bahkan ratusan masalah yang dihadapi pasar. Sekarang saatnya memilih masalah yang bisa Anda atasi.

Tidak semua masalah memiliki potensi untuk menjadi bisnis online. Anda harus mengatasi masalah yang tidak memiliki potensi komersial. Kemudian pilih masalah yang memiliki potensi komersial dan Anda akan memiliki solusinya.

2. Melakukan Riset

Setelah memilih masalah yang memiliki potensi komersial, saatnya untuk mulai memfokuskan penelitian di bidang ini. Mengapa Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu? Karena Anda tidak dapat memulai bisnis online hanya berdasarkan asumsi pribadi Anda.

Anda memerlukan data objektif sebagai dasar yang kuat untuk bisnis online. Melalui riset pasar ini, Anda bisa mendapatkan data itu. Karena itu, Anda dapat mengambil keputusan berdasarkan data objektif, bukan hanya asumsi dan pendapat.

Cara termudah untuk memeriksa tren pasar adalah mencari kata kunci di mesin pencari. Apa yang dicari orang ketika mereka mencari masalah ini di mesin pencari? Dari hasil pencarian, Anda dapat menemukan solusi seperti yang Anda butuhkan. Anda bisa mengikuti tips riset keyword dari Jasa SEO Bergaransi.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa tren pencarian, kata kunci terkait, volume pencarian, dan lokasi pencarian. Anda dapat menjalankan penelitian kata kunci ini menggunakan alat kata kunci. Ada beberapa alat kata kunci yang dapat Anda gunakan, dari Google Trends, Ubersuggest, Semrush hingga Ahrefs.

Selain tren dalam hasil pencarian Google, Anda juga harus memeriksa tren di media sosial. Media sosial adalah tempat di mana orang dapat menyuarakan keluhan mereka, termasuk melihat produk atau layanan.

Ketikkan kata kunci yang terkait dengan masalah yang Anda temukan di kolom pencarian media sosial. Anda akan menemukan pesan dari berbagai orang tentang masalah tersebut.

Konsumen umumnya memiliki forum atau grup sendiri untuk membahas produk yang mereka gunakan.

Setelah mendapatkan berbagai hasil di mesin pencari, media sosial dan forum online, Anda dapat melakukan survei. Informasi yang Anda dapatkan dari berbagai media hanyalah masalah yang dangkal.

Melalui survei, Anda bisa mendapatkan informasi lebih rinci. Selain itu, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan yang tidak dapat Anda temukan di media sebelumnya. Melalui survei, Anda juga dapat secara langsung meminta saran dan umpan balik dari pelanggan potensial.

Itu dia 2 tahapan awal dalam membuat bisnis bagi pemula. Semoga bermanfaat.

author
Penulis: 
5 Contoh Internet Marketing Yang Sering Dilakukan
5 Contoh Internet Marketing Yang Sering Dilakukan
Olpinhoopes – Membaca tentang pemasaran internet /
Cara Mengubah Sampah Menjadi Uang
Cara Mengubah Sampah Menjadi Uang
Cara mengubah sampah menjadi uang – Mendapatkan

Komentar ditutup.

Baca Juga×

Top