3 Contoh Autobiografi Diri Sendiri Dari Lahir Sampai SMA

Di Umum 226 views

Olpinhoopes – Autobiografi merupakan tulisan yang isinya berisi tentang riwayat, perjalanan hidup dan pengalaman hidup seorang manusia mulai dari kecil hingga keadaannya saat ini yang ditulis diri sang tokoh itu sendiri.

Contoh autobiografi sendiri bisa kamu temukan biasanya di buku-buku profil seseorang atau di surat kabar, baik di media massa maupun elektronik.

Penulisan teks autobiografi memakai sudut pandang ornag pertama, untuk menunjukkan bahwa penulis menulis dirinya sendiri. Berbeda dengan penulisan biografi yang memakai sudut pandang orang ke-3.

Untuk lebih jelasnya berikut kami sajikan beberapa contoh autobiografi diri sendiri untuk kamu agar lebih dapat memahaminya.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri Pertama

Contoh Autobiografi Diri Sendiri Pertama

Namaku Pierro, lahir di Surabaya 19 Februari 1999, namun saat ini aku tinggal di Bandung dan menjalani sekolah ku sebagai siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Bandung jurusan IPA.

Aku mempunyai beberapa hobi yang berhubungan dengan kesehatan dan mengetahui hal baru. Ya benar aku suka membaca buku apapun, sebab membaca buku merupakan hobiku. Tak hanya itu aku juga suka berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh seperti jogging.

Saat aku kecil. Aku tinggal dengan Ibu dan Ayah. Saat itu aku masih duduk di bangku kelas 3 SD, tepatnya SD Negeri Gundih.

Kata ibu aku suka membaca buku komik, buku dongeng dan buku bergambar lainnya. Oleh karena itu buku merupakan sahabatku hingga hari ini.

Aku pun selalu ditunjuk sebagai perwakilan perlombaan olimpiade terutama bahasa Indonesia, sebab guru bahasa Indonesiaku saat itu bilang, bahwa aku mempunyai kosakata yang banyak dari pada teman-teman lainnya.

Dan betul saja saat mengikuti beberapa perlombaan aku selalu menang dan tak jauh dari peringkat 1 sampai 3.

Kemudian setelah lulus Sekolah Dasar aku pindah ke Bandung, sebab ayahku telah ditempatkan di sini untuk menyambung hidup dan memenuhi kewajibannya sebagai pekerja. Lalu aku ditempatkan di SMP 1 Bandung.

Semenjak kepindahanku ke sini yang menjadi kesulitan pertama adalah bahasa, sebab di sini mereka umumnya memakai bahasa Sunda, sedangkan aku orang Jawa.

Walaupun sebenarnya guru-guru di sini memakai bahasa Indonesia saat mengajar namun untuk membaur dengan teman baru cukup sulit bagiku.

Seiring berjalannya waktu aku bisa mahir bahasa Sunda. Lagi-lagi karena buku, sebab di sini juga, aku mulai belajar bahasa baru dan membeli beberapa buku untuk dibaca.

Di bangku menengah pertama prestasiku di bidang bahasa pun meningkat terutama bahasa Indonesia.

Setelah lulus di bangku menengah pertama, aku melanjutkan sekolah di SMA Negeri 9 Bandung. Tak terasa sudah 4,5 tahun jauh dari kampung halaman.

Dan yang menjadikanku betah untuk tinggal di sini adalah teman-temanku yang selalu mendukung apa yang menjadi impianku.

Yang di mana prestasiku meningkat dan cerpen yang pernah aku buat di kelas X tahun lalu menjadi terkenal hingga guru-guru pun ikut membacanya sebab menarik ujar mereka. Mimpiku sebagai penulis yang mahir pun kian meningkat.

Selepas lulus nanti, aku ingin sekali melanjutkan untuk belajar di perguruan tinggi di Bandung dengan memilih fakultas Sastra Indonesia.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri Kedua

Contoh Autobiografi Diri Sendiri Kedua

Perkenalkan aku Surya Agung Nugroho. Aku lahir di Karanganyar, Solo 21 Januari 1998. Aku merupakan anak ke 2 dari 4 bersaudara, buah dari pasangan Daryono Nugroho dan Fatmawati. Sebagai anak kedua yang memiliki 2 adik saya harus bertanggung jawab terhadap mereka.

Saat aku masih duduk di bangku menengah pertama, kakak perempuanku telah dipersunting oleh lelaki baik.

Oleh karena itu aku seperti memiliki tanggung jawab setelahnya, sebab anak pertama telah pergi dari rumah untuk melanjutkan hidupnya.

Sebagai anak lelaki tanggung jawab merupakan sebuah kewajiban, apalagi ia yang masih memiliki orang tua dan adik.

Saat ini aku bekerja di tempat yang memproduksi bahan yang nantinya menjadi sebuah mobil yang utuh.

Pekerjaanku seperti orang yang bekerja pada umumnya. 8 jam ku tempuh demi mendapatkan rezeki yang halal.

Aku juga sering mengambil lemburan jika dibutuhkan, lumayan untuk menambah uang jajan dan menyambung hidup keluarga.

Jika lemburan, waktu seperti tak terasa, datang gelap pulang pun gelap, tapi tak apa ku tempuh demi kebahagiaan keluargaku.

Ada suatu waktu saat aku tengah bekerja mendapati telepon dari bapak yang bahwasanya ibu jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Dan saat itu aku hanya punya uang dari tabunganku yang akan kupakai liburan nanti.

Namun aku merasa saat itu bahwa kesehatan ibu lebih penting ketimbang kesenanganku yang akan liburan. Uang tabungan pun ku pakai untuk biaya kesembuhan ibu.

Sebab orang bijak bilang dan tertanam di kepalaku hingga kapanpun bahwasanya “dunia mu akan baik-baik saja jika senyuman kedua orang tuamu terutama ibu masih bisa kau pandangi”.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri Ketiga

Contoh Autobiografi Diri Sendiri Ketiga

Nama saya Fathi Al-bassyir. Nama yang telah diberikan oleh kedua orang tua ku atas dasar doa. Saya merupakan buah dari cinta Tresno Mukti dan Triyani, mereka bilang aku lahir pada tanggal 18 Desember 1997 pada hari Kamis.

Ayahku seorang nelayan yang bekerja di pantai Gunungkidul, lalu Ibuku seorang ibu rumah tangga biasa yang setia menjaga rumah dan menunggu suaminya. Sedangkan aku adalah anak tunggal laki-laki.

Aku sering dipanggil Bule oleh teman-temanku sebab wajahku yang putih dan mahir berbahasa Inggris.

Semenjak di sekolah tepatnya di bangku menengah pertama, saat guru bahasa Inggris menerangkan, aku yang paham langsung mengatakan bahwa apa yang diterangkan itu salah.

Ada perdebatan sedikit di antara kami. Hingga pada akhirnya aku yang menang dan guru itu membenarkan apa kata ku. Saat itu juga aku memiliki panggilan baru yaitu Bule.

Saat aku menginjak bangku SMA, aku telah mengikuti beberapa perlombaan mengenai bahasa Inggris.

Aku tak pernah keluar sebagai juara 4 hingga ke terakhir. Peringkat ke 1 hingga 3 selalu ku raih dengan nilai yang bagus.

Pada ujian nasional tingkat SMA pun aku meraih juara umum tentunya dengan nilai bahasa Inggris yang sempurna. Aku sangat menikmati masa-masa sekolah.

Saat acara kelulusan pada malam minggu hari itu aku telah diberi penghargaan sebagai siswa yang berprestasi.

Medali emas dan sebuah cinderamata yang berbentuk logo dari ibukotaku. Setelah diberi sebuah penghargaan lalu aku pun ditunjuk menjadi kandidat ketua alumni di angkatanku.

Mereka banyak memilihku untuk menjadi ketua alumni yang dimana tugas seorang ketua alumni ialah menggalang dana untuk melahirkan beasiswa, lalu menjadi koordinator utama saat ada acara-acara penting di sekolah walaupun telah lulus dan lain sebagainya.

Setelah lulus di bangku menengah atas aku melanjutkan ke perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta. Pada waktu itu aku mengambil jurusan sastra Inggris untuk melanjutkan minat bakat yang ku punya.

Tak banyak prestasi yang ku dapat saat berkuliah pada waktu itu, sebab aku sedang fokus untuk mendapatkan beasiswa gratis untuk melanjutkan belajar di Inggris.

Dan inilah aku sekarang sedang melanjutkan S2 sastra Inggris di negeri Inggris langsung. Dan ada kemungkinan untuk melanjutkan hidup beberapa tahun lagi di sini.

Demikian 3 contoh autobiografi diri sendiri yang bisa kamu jadikan sumber atau referensi untuk mengerjakan tugas sekolah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber: https://pendidikanpedia.com/

author
Penulis: 
Desain Rumah Container untuk Para Milenial
Desain Rumah Container untuk Para Milenial
Olpinhoopes – Rumah kontainer, istilah ini masih terdengar
Tips Memilih Meja Makan Yang Tepat
Tips Memilih Meja Makan Yang Tepat
Olpinhoopes – Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan
Rahasia Followers Instagram Terus Bertambah
Rahasia Followers Instagram Terus Bertambah
Olpinhoopes – Jika Anda menggunakan Instagram untuk mendukung
4 Cerpen Bahasa Inggris Terpopuler, Cocok Dibaca Anak-Anak!
4 Cerpen Bahasa Inggris Terpopuler, Cocok Dibaca Anak-Anak!
Olpinhoopes – Anak-anak usia sekolah dasar atau menengah

Komentar ditutup.

Baca Juga×

Top